Rabu, 13 Agustus 2014

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI
Banyaknya produk buatan luar negeri yang beredar di Indonesia, tidak lantas membuat masyarakat Indonesia lebih mempercayai dan lebih bangga menggunakan produk buatan luar negeri ketimbang dalam negeri. Namun, masyarakat Indonesia pantas bangga dengan produk-produk buatan dalam negeri ini yang tidak kalah jika dibandingkan dengan produk luar. Bahkan kualitasnya mungkin di atas produk tiruan buatan Cina yang juga membanjiri Indonesia. Sebenarnya produk dalam negeri sangat mungkin untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri karena didukung oleh beberapa hal, yang pertama adalah pengetahuan.
Ilmu pengetahuan yang semakin berkembang di Indonesia sangat memungkinkan untuk membuat produk-produk sekelas buatan luar negeri yang telah mendunia. Contohnya saja mobil Esemka, mobil buatan anak-anak SMK di Surakarta ini walaupun masih dibuat secara manual tetapi hasilnya tidak kalah dengan buatan luar negeri. Apalagi yang merakit mobil Esemka ini adalah para remaja yang masih duduk di bangku SMK. Itu merupakan salah satu bukti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
Kemudian hal yang kedua adalah adanya dukungan media dan teknologi. Perkembangan teknologi internet dan sosial media yang sedang diminati masyarakat saat ini juga turut berperan penting dalam mengenalkan produk-produk buatan Indonesia. Dengan adanya kemudahan untuk mendapatkan informasi dan perkembangan tentang produk-produk tersebut. Selain membantu mengenalkan produk-produk buatan dalam negeri, media juga berfungsi untuk membangun kepercayaan masyarakat Indonesia atas produk-produk buatan dalam negeri tersebut. Salah satu dampak kemajuan teknologi di Indonesia adalah bertambah banyaknya masyarakat Indonesia yang memakai produk dari dalam negerinya sendiri. Dan pada akhirnya dampak itu akan dapat semakin memicu anak bangsa untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan kemajuan teknologi di dalam negerinya.
Kesimpulannya adalah  perlu adanya dukungan dana dan pendidikan yang pantas bagi mereka yang ingin mengembangkan produk dalam negeri jika kita ingin Indonesia dapat sama dengan negara maju lainnya yang sudah dapat memproduksi barang sendiri dan dipakai oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. 

Sumber : http://annissadk.blogspot.com/2013/11/artikel-kemajuan-teknologi-di-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar